Deden06sttg's Weblog

Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Posted by deden06sttg pada November 23, 2008

sttg1

PROFIL SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT

A. SEJARAH SINGKAT YAYASAN AL – MUSADDADIYAH GARUT

Yayasan Al – Musaddadiyah Garut didirikan oleh Prof. K. H Anwar Musaddad (Alm) dan Ibu, Hj. Atikah Musaddad (Alm) beserta putra – putrinya. Yayasan ini didirikan dalam rangka partisipasi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyelenggaraan lembaga pendidikan.

Yayasan Al – Musaddadiyah didirikan berdasarkan akta Notaris Aam Warlimah, SH, Nomor 25 tanggal 27 Agustus 1975. Yayasan Al – Musaddadiyah berdomisili di Garut.

Yayasan Al – Musaddadiyah menyelenggarakan pendidikan formal dan non – formal.

· Bidang pendidikan formal yang dikelola antara lain :

a. Taman Kanak – Kanak Al – Qur’an (TKA)

b. Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMTP)

c. Madrasah Tsanawiyah (MTs)

d. Madrasah Aliyah (MAU/MAK)

e. Sekolah Menengah Umum (SMU)

f. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

g. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)

h. Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STT-Garut)

· Bidang pendidikan non formal yang dikelola meliputi :

a. Taman Pendidikan Al – Qur’an (TPA)

b. Anak Binaan Al – Musaddadiyah (ABIM)

c. Majlis Ta’lim

d. Pondok Pesantren

Sejalan dengan perkembangan dan penerapan teknologi dalam proses pengubahan sumber daya alam menjadi produk industri dan jasa, memerlukan tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu baik disiplin ilmu murni maupun ilmu terapan. Ilmu yang berkaitan dengan perencanaan, perancangan, operasi dan pengelolaan suatu perusahaan / organisasi antara lain disiplin ilmu teknik industri dan teknik sipil.

Dengan meningkatnya kebutuhan ahli dibidang teknik dari masyarakat mengakibatkan daya tampung perguruan tinggi teknik, khususnya PTN tidak mencukupi. Sadar akan tanggung jawabnya untuk membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, maka pada tanggal 01 – 09 – 1990, Yayasan Al – Musaddadiyah mendirikan Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STTG).

Yayasan Al – Musaddadiyah selaku yayasan penyelenggara Sekolah Tinggi Teknologi Garut secara konsisten berupaya ikut berperan serta dalam upaya di atas. Sejak didirikan tahun 1990, Sekolah Tinggi Teknologi Garut terus mengkhusukan diri dalam menyelenggarakan bidang pendidikan tinggi bidang teknologi dan informasi, sehingga pada saat ini telah memiliki 4 (empat) jurusan, yaitu jurusan : Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Informatika, dan Teknik Komputer. Dalam waktu yang tidak lama lagi diharapkan akan ditambah dengan beberapa jurusan lagi, sehingga pada akhirnya akan terbentuk suatu Institut Teknologi.

B. VISI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT

Visi Sekolah Tinggi Teknologi Garut adalah membantu pemerintah dalam bidang pendidikan tinggi. Sebagai upaya untuk “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat, jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

C. MISI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT

Membawa STTG menjadi Centre of Excellence dalam menyiapkan sumber daya manusia bekualitas, yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi serta memiliki moral dan akhlak yang mulia.

D. TUJUAN SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT

Adapun yang menjadi tujuan Sekolah Tinggi Teknologi Garut adalah:

a. Meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani

b. Menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial.

c. Menumbuhkan rasa percaya pada diri sendiri serta sikap dan perilaku yang inovatif dan kreatif.

d. Memberikan kesempatan belajar dan kesempatan meningkatkan keterampilan bagi anak yang berasal dari daerah /  bertempat tinggal di daerah terpencil.

e. Memperhatikan dan mengembangkan anak didik yang berbakat istimewa sesuai dengan tingkat pertumbuhan pribadinya.

f. Meningkatkan penulisan, penerjemahan serta penyebaran buku karya ilmiah dan hasil penelitian di dalam maupun di luar negeri dalam rangka pengembangan dan memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

g. Membina dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

h. Menciptakan suasana lingkungan kampus yang sehat baik jasmani maupun rohani.

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang dinamis dan selalu mengikuti perkembangan zaman, STT – Garut selalu berusaha terus berkembang untuk menghasilkan tenaga ilmuwan dan tenaga professional yang kreatif, inovatif dengan tingkat kemampuan yang tinggi, dan mampu menjawab tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Untuk mewujudkan ini, STT- Garut membuat Rencana Pengembangan Jangka Panjang. Rencana Induk Pengembangan Lima Tahunan, dan Rencana Kerja Tahunan, untuk mengantarkan STT – Garut ke masa depan yang lebih baik.

Tulisan ini di ambil dari…

http://kampus.sttgarut.ac.id/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=1&Itemid=3

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: